Rabu, 27 Maret 2019

Materi 01: Hakikat strategi pembelajaran

A. Konsep dan prinsip belajar dan pembelajaran

1. Belajar
        Menurut ratna (2011) belajar adalah suatu proses dimana suatu organisasi berubah perilakunya akibat dari suatu pengalaman.
      Menurut pidarta made (2009) belajar adalah perubahan prilaku yang relatif permanen sebagai hasil pengalaman (bukan hasil perkembangan,pengaruh obat,atau kecelakaan) dan bisa mengkomunikasikannya.
  Jadi dapat  disimpulkan belajar adalah suatu oroses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam wujud perubahan tingkah laku dan kemampuan bereaksi karena adanya interaksi individu dengan lingkungannya.
a.  Ciri-ciri belajar

  • Perubahan tingkah laku terjadi secara sadar. 
  • Perubahan bersifat positif dan aktif.
  • Perubahan bersifat permanen. 
  • Perubahan mencangkup semua aspek tingkah laku.
b. Tujuan belajar
  • Belajar bertujuan mengadakan perubahan didalam diri antara lain tingkah laku
  • Belajar bertujuan mengubah kebiasaan dari yang buruk menjadi baik
  • Belajar bertujuan untuk meningkatkan keterampilan atau kecakapan 
  • Belajar bertujuan untuk menambah pengetahuan di bidang ilmu.
c. Hasil belajar
        Menurut nana sudjana (2009) mengatakan bahwa hasil yang diperoleh dari penilaian dinyatakan dalam bentuk hasil belajar. 
   Adanya beberapa unsur sekaligus yang menjadi hakikat dari pada hasil belajar. 
(1). Hasil belajar diperoleh melalui suatu proses yg disebut proses pembelajaran.
(2). Hasil belajar mencerminkan adanya kompetensi atau kemampuan yang telah dimiliki siswa sehingga perilaku siswa berubah. 
(3). Hasil belajar mencangkup beberapa aspek (pengetahuan, sikap dan keterampilan). 


2. Pembelajaran
       Menurut sagala syaiful (2011) pembelajaran adalah membelajarkan peserta didik menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dan arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik,sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik mempelajari keterampilan dan pengetahuan tentang materi-materi pembelajaran. 
       Menurut S. Nasation pembelajaran sebagai suatu aktivitas menggorganisasikan atau mengatur lingkungan sebaiknya dan menghubungkan dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar.

 Tujuan pembelajaran
  • Untuk mendapatkan pengetahuan
  • Untuk menanamkan konsep dan pengetahuan
  • Untuk membentuk sikap atau kepribadian 
B. Pengertian pendekatan, strategi, metode dan teknik. 

1. Pemdekatan
      Suatu persfektif atau cara pandang seseorang dalam menyikapi sesuatu. 
2. Strategi 
       Cara2 yang dipilih untuk menyimpulkan  materi pembelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang daoat memberi pengalaman belajar kepada siswa. 
3). Metode 
      Metode adalah cara yg didalm fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan.
 Hal ini bedlaku baik bagi guru (metode mengajar)  mauoun bagi siswa (0metode belajar) makun baik metode yang di pakai maka semakin efektif pula pencapaian tujuan. 
4). Teknik pembelajaran 
         Jalan atau alat yg digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan siswa ke arah tujuan yang akan dicapai. 
 
 Metode bersifat prosedural sedangkan teknik lebih bersifat imolementatif.
   Contohnya: guru A dan guru B sama2 menggunakan metode ceramah,keduanya mengetahui bagaiman prosedur pelaksanaan metode ceramah yang efektif, tetapi hasil guru A berbeda dengan guru B karena teknik pelaksanaannya yg berbeda,jadi setiap guru memiliki teknik yg berbeda dalam melaksanakan metode yang sama. 


















                       Daftar rujukan
Nana sudjana, 2009. Dasar-dasar proses belajar mengajar.  Bandung : sinar baru.

Nasution,S. 1982. Belajar dan mengajar.  Jakarta : Bina aksara. 

Syaiful sagala, 2011. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : Cv alfabefa. 

Ratna, 2011. Penelitian sastra, teori,metode,dan teknik. Jakarta: pustaka pelajar. 






11 komentar:

  1. Terimakasih sangat membantuuu :)

    BalasHapus
  2. Trima kasih postingannya sangat membantu saya sebagai calon guru

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Thanks you penulis telah memposting ini, karna ini sngt membantu sya dlm melengkapi tugs dan materi ajar untuk menjadi seorang guru. Dan semoga akun ini selalu memberi postingan yg bermanfaat.Ditunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali karna telah menyempatkan wktunya untuk membaca blog saya, semoga brmanfaat untuk kita sebagai pendidik generasi msa depan

      Hapus
  5. Apa prinsip yg harus d perhatikan dalam metode belaja?

    BalasHapus
  6. Prinsip2 dalam belajar baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas mengajarnya, prinsip2 itu berkaitan dengan perhatian dan motivasi,keaktifan,keterlibatan langsung/pengalaman,pengulangan,dan tantangan.

    BalasHapus
  7. Prinsip2 dalam belajar baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas mengajarnya, prinsip2 itu berkaitan dengan perhatian dan motivasi,keaktifan,keterlibatan langsung/pengalaman,pengulangan,dan tantangan.

    BalasHapus
  8. Prinsip2 dalam belajar baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas mengajarnya, prinsip2 itu berkaitan dengan perhatian dan motivasi,keaktifan,keterlibatan langsung/pengalaman,pengulangan,dan tantangan.

    BalasHapus