1. Belajar
Menurut ratna (2011) belajar adalah suatu proses dimana suatu organisasi berubah perilakunya akibat dari suatu pengalaman.
Menurut pidarta made (2009) belajar adalah perubahan prilaku yang relatif permanen sebagai hasil pengalaman (bukan hasil perkembangan,pengaruh obat,atau kecelakaan) dan bisa mengkomunikasikannya.
Jadi dapat disimpulkan belajar adalah suatu oroses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam wujud perubahan tingkah laku dan kemampuan bereaksi karena adanya interaksi individu dengan lingkungannya.
a. Ciri-ciri belajar
- Perubahan tingkah laku terjadi secara sadar.
- Perubahan bersifat positif dan aktif.
- Perubahan bersifat permanen.
- Perubahan mencangkup semua aspek tingkah laku.
b. Tujuan belajar
- Belajar bertujuan mengadakan perubahan didalam diri antara lain tingkah laku
- Belajar bertujuan mengubah kebiasaan dari yang buruk menjadi baik
- Belajar bertujuan untuk meningkatkan keterampilan atau kecakapan
- Belajar bertujuan untuk menambah pengetahuan di bidang ilmu.
c. Hasil belajar
Menurut nana sudjana (2009) mengatakan bahwa hasil yang diperoleh dari penilaian dinyatakan dalam bentuk hasil belajar.
Adanya beberapa unsur sekaligus yang menjadi hakikat dari pada hasil belajar.
(1). Hasil belajar diperoleh melalui suatu proses yg disebut proses pembelajaran.
(2). Hasil belajar mencerminkan adanya kompetensi atau kemampuan yang telah dimiliki siswa sehingga perilaku siswa berubah.
(3). Hasil belajar mencangkup beberapa aspek (pengetahuan, sikap dan keterampilan).
2. Pembelajaran
Menurut sagala syaiful (2011) pembelajaran adalah membelajarkan peserta didik menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dan arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik,sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik mempelajari keterampilan dan pengetahuan tentang materi-materi pembelajaran.
Menurut S. Nasation pembelajaran sebagai suatu aktivitas menggorganisasikan atau mengatur lingkungan sebaiknya dan menghubungkan dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar.
Tujuan pembelajaran
- Untuk mendapatkan pengetahuan
- Untuk menanamkan konsep dan pengetahuan
- Untuk membentuk sikap atau kepribadian
B. Pengertian pendekatan, strategi, metode dan teknik.
1. Pemdekatan
Suatu persfektif atau cara pandang seseorang dalam menyikapi sesuatu.
2. Strategi
Cara2 yang dipilih untuk menyimpulkan materi pembelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang daoat memberi pengalaman belajar kepada siswa.
3). Metode
Metode adalah cara yg didalm fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan.
Hal ini bedlaku baik bagi guru (metode mengajar) mauoun bagi siswa (0metode belajar) makun baik metode yang di pakai maka semakin efektif pula pencapaian tujuan.
4). Teknik pembelajaran
Jalan atau alat yg digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan siswa ke arah tujuan yang akan dicapai.
Metode bersifat prosedural sedangkan teknik lebih bersifat imolementatif.
Contohnya: guru A dan guru B sama2 menggunakan metode ceramah,keduanya mengetahui bagaiman prosedur pelaksanaan metode ceramah yang efektif, tetapi hasil guru A berbeda dengan guru B karena teknik pelaksanaannya yg berbeda,jadi setiap guru memiliki teknik yg berbeda dalam melaksanakan metode yang sama.
Daftar rujukan
Nana sudjana, 2009. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : sinar baru.
Nasution,S. 1982. Belajar dan mengajar. Jakarta : Bina aksara.
Syaiful sagala, 2011. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : Cv alfabefa.
Ratna, 2011. Penelitian sastra, teori,metode,dan teknik. Jakarta: pustaka pelajar.
Terimakasih sangat membantuuu :)
BalasHapusTrima kasih postingannya sangat membantu saya sebagai calon guru
BalasHapusSangat bermanfaat 👍
BalasHapusBermanfaat 👍
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusThanks you penulis telah memposting ini, karna ini sngt membantu sya dlm melengkapi tugs dan materi ajar untuk menjadi seorang guru. Dan semoga akun ini selalu memberi postingan yg bermanfaat.Ditunggu postingan selanjutnya
BalasHapusTerimakasih kembali karna telah menyempatkan wktunya untuk membaca blog saya, semoga brmanfaat untuk kita sebagai pendidik generasi msa depan
HapusApa prinsip yg harus d perhatikan dalam metode belaja?
BalasHapusPrinsip2 dalam belajar baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas mengajarnya, prinsip2 itu berkaitan dengan perhatian dan motivasi,keaktifan,keterlibatan langsung/pengalaman,pengulangan,dan tantangan.
BalasHapusPrinsip2 dalam belajar baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas mengajarnya, prinsip2 itu berkaitan dengan perhatian dan motivasi,keaktifan,keterlibatan langsung/pengalaman,pengulangan,dan tantangan.
BalasHapusPrinsip2 dalam belajar baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas mengajarnya, prinsip2 itu berkaitan dengan perhatian dan motivasi,keaktifan,keterlibatan langsung/pengalaman,pengulangan,dan tantangan.
BalasHapus