Rabu, 03 April 2019

MATERI KE 4 : PROSEDUR PEMBELAJARAN


A. Kegiatan Pra dan Awal Pembelajaran.

Menurut Sri Anitah (2008) kegiatan pra pembelajaran atau disebut juga kegiatan prainstruksional adalah kegiatan pendahuluan pembelajaran yang diarahkan untuk menyiapkan siswa  mengikuti pelajaran.

upaya yang dapat dilakukan guru pada tahap pra pembelajaran di antaranya adalah sebagai berikut:
1. menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik
       kondisi belajar dapat di pengaruhi oleh sikap guru didepan kelas. guru harus memperlihatkan sikap yang menyenangkan supaya siswa tidak merasa tegang, kaku,bahkan takut mengikuti pembelajaran. kondisi yang menyenangkan ini harus diciptakan mulai dari awal pembelajaran sehingga siswa akan mampu melakukan aktifitas belajar dengan penuh percaya diri tanpa ada tekanan yang dapat menghambat kreativitasnya.
2. memeriksa kehadiran siswa
       untuk menghemat waktu dalam mengecek kehadiran siswa,guru dapat mengajukan prtanyaan kepada siswa yang hadir tentang siswa yang tidak hadir dan alasan ketidak hadirannya .dengan sllu mengecek kehadiran,secara tidak langsung  guru telah memberikan motivasi terhadap siwa,berdisiplin dalam mengikuti pembelajaran dan membiasakan diri memberitahukan ketidak hadirannya kepda guru baik secara langsung maupun melalui temannya secara lisan atau tertulis.
3. menciptakan kesiapan belajar siswa.
     kesiapan belajar siswa merupakan salah satu prinsip belajar yang sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. oleh karena itu guru perlu membantu mengembangkan kesiapan belajar dan menumbuhkan semangat siswa dalam belajarnya.
4. menciptakan suasana belajar yang demokratis
         untuk menciptakan suasana belajar demokratis guru harus membimbing siswa agar berani menjawab,bertanya,mengeluarkan pendapat atau ide-ide baru yang di miliki.suasana belajar demokratis harus di kondisikan sejak awal pembelajaran. guru harusselalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kreativitas. pemberian kesempatan ini akan memungkinkan guru untuk mengembangkan bakat dan ke unggulan yg dimiliki oleh siswa.

 B. Kegiatan awal pembelajaran
     kegiatan awal pembeljaran di laksanakan untuk menyiapkan mental siswa dalam memasuki kegiatan inti pembelajaran. selain itu, kegiatan awal dilaksanakan untuk membangkitkan motivasi dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajara, memberikan gambran yang jelas tentang batas-batas tugas atau kegiatan yang akan di laksanan dan menunjukan hubungan antara pengalaman anak dengan materi yang akan di pelajari. kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam tahap kegiatan awal pembelajaran diantaranya:
1. Menimbulkan motivasi dan perhatian siswa
    membangkitkan motivasi dan perhatian siswa merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan pada setiap tahapan kegiatan pembelajaran. khususnya pada tahap awal pembelajaran, siswa perlu difokuskan perhatiannya pada materi yang dibahas.
2. memberi acuan
    dalam kegiatan awal pembelajaran, memberi acuan diartikan sebagai upaya guru dalam menyampaikan secara spesifik dan singkat gambaran umum tentang hal-hal yang akan dipelajari dan kegiatan yang akan ditempu selama pembelajaran yang berlangsung. kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam memberi acuan, diantaranya sebagai berikut:
  •  memberitahukan tujuan (kemampuan) yang diharapkan atau materi yang akan dipelajar.   Kegiatan yang paling awal yang perlu dilakukan guru sebelum membahas pelajaran adalah memberitahukan tujuan atau kemampuan yang diharapkan dikuasai siswasetelah pembelajaran dilakukan atau garis materi yang akan dipelajari siswa. dengan informasi tersebut siswa akan meperoleh gambaran yang jelas tentang kemampuan yang dikuasai dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
  • menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang akan di tempuh siswa.  dengan menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan selain pembelajaran berlangsung,siswa aka nterarah usahanya untuk mencapai kemampuan atau menguasai topik-topik tersebut. misalnya jika dalam pembelajaran akan di gunakan diskusi maka guru harus menyampaikan teknik/prosedur eksperimen atau jika pembelajaran akan berlangsung dengan kerja kelompok maka guru membentuk kelompok dan menyampaikan teknik atau prosedur kerja kelompok tersebut,dan begitu pula tentang strategi lainnya.
3. membuat kaitan
siswa akan tertarik terhadap pelajaran yang akan diberikan apabila mereka melihat kaitan atau hubungan dengan apa yang telah dikenal atau sesuai dengan pengalaman mereka terdahulu atau sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. oleh karena itu salah satu cara untuk menarik dan memusatkan perhatian siswa terhadap materi yang akan dipelajari adalah dengan membuat kaitan
  • mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah di pelajari sebelumnya.  apabila materi yang akan di bahas memiliki kaitan langsung terhadap materi sebelumnya maka kegiatan awal pembelajaran dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah di pelajari siswa.dengan begitu siswa akan memperoleh gambaran yang utuh tentang materi dan siswa melihat bahwa materi yang dipelajari tidak berdiri tetapi saling berkaitan.
  •  menunjukan manfaat materi yang di pelajari   siswa akan termotivasi untuk mengikuti pelajaran apabila mereka melihat manfaat yang akan di peroleh apabila mereka menguasai materi tersebut.meminta siswa mengemukakan pengalaman yang berkaitan dengan materi yang akan di bahas   pada kegiatan awal pembelajaran guru dapat meminta siswa untuk mengemukakan pengalamanya yang berkaitan dengan materi yang di bahas.misalnya ketikan akan membahas tentang bentuk permukaan bumi,guru dapat meminta anak untuk mengemukakan pengalaman berliburnya  (kepantai atau kepegunungan). dengan melihat kaitan apa yang akan dipelajari dengan pengalaman yang dimiliki,diharapkan siswa akan termotivasi dan memusatkan perhatiannya  pada pelajaran yang akan berlangsung.
4. melaksanakan tes awal
tes awal atau pre-test dilaksanakan untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana materi atau bahan pelajaran yang akan di pelajari atau dikuasai oleh siswa. informasi ini akan digunakan oleh guru untuk menentuka dari mana pembahasan materi baru akan di mulai. tes awal dapat dilakukan dengan cara lisan yang ditunjukan pada beberapa siswa yang dianggap representatif (mewakili) seluruh siswa.
     dalam keseluruhan proses pembelajaran,alokasi waktu atau untuk kegiatan awal pembelajaran relatif singkat.oleh karena itu, guru diharapkan memiliki kemampuan untuk menciptakan kondisi awal pembelajaran yang efektif mendukung proses dan hasil pembelajaran yang optimal. untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh gur sejalan dengan tugasnya disekolah,khususnya dalam melaksanakan kegiatan awal pembelajaran  diantaranya adalah:
  • memahami latar beakang (termasuk kemampuan siswa).
  •  dapat membangkitkan (menari) perhatian siswa sehingga perhatian siswa terpusat pada pelajaran yang akan diikutinya.
  •  dapat memberikan bimbingan belajar secara kelompok maupun individu
  •  dapat menciptakan interaksi edukatif yang efektif sehingga siswa mrasakan adanya suasana belajar yang aman dan menyenangkan.
  •  memberikan penguatan kepada siswa
  •  menanamkan disiplin kepada siswa.




                                                            DAFTAR RUJUKAN
   
                                    Anitah Sri.2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.





                       

10 komentar:

  1. Bagaimana guru mengakhiri pembelajaran agar siswa mengerti materi yg sudah di jelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. guru mencoba untuk memberikan kuis atau pertanyaan kepada siswa tentang materi yang telah di pelajari tadi dan siswa yg di tunjuk di minta untuk menjawab pertanyaan yang telah di ajukan oleh guru tersebut,atau siswa di suruh untuk menyimpulkan tentang apa yang mereka pahami tentang pembelajran yang telah di lakukan tdi,d situ siswa akan berfikir dan menginggat dengan mudah tentang pelajaran yg telah di jelaskan gurunya,karna siswa masih dalam lingkup kelas sehingga pikirannya mash mencangkup tentang proses pembelajaran yang telah dilakukannya.dan di situ guru dapat menilai menyimak atau tidaknya siswa tersebut dalam proses pembelajaran
      yang telah di jelaskannya

      Hapus
  2. Apa yang anda lakukan jika murid anda mengalami kegagalan dalam belajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upaya yg saya lakukan jika murid saya gagal dalam proses pembelajara yaitu melakukan pendekatan terhadap siswa,dan mencari tau apa pnyebab siswa itu bisa gagal dalam proses pembelajaran,dengan berkomunikasi lngsung dg orang tua siswa dan wali kelas, melakukan konsultasi secara pribadi kepada siswa yg brsangkutan,dengan diadakannya upaya seperti itu diharapkan bisa mengurangi masalah2 yang ada pada siswa

      Hapus
  3. Bagaimana cara guru menciptakan suasana belajar yang demokratis dalam proses pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menciptakan suasana belajar yang demokratis guru harus membimbing siswa agar berani, menjawab, bertanya, mengeluarkan pendapat atau ide2 yg dia dapatkan selama proses pembelajaran berlangsung, supaya pembelajaran tidak hanya trfokus kepada guru saja, tetapi disi siswa berlomba2 untuk mengeluarkan ide2 yg muncul dalam pikirannya, sehingga proses pembelajaranpun tidak trlalu membosankan

      Hapus
  4. Hal apa saja yang dilakukan guru dalam kegiatan awal pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dilakukan guru dalam kegiatan awl belajar yaitu mengkondisikan kelas terlebih dahulu, berdoa sebelum pelajaran di mulai, mengecek kehadiran siswa, dan brtanya tentang materi minggu lalu sebelum memulai pelajaran yg baru,supaya siswa tidak lupa dgn pembahsan materi yg sudah di pelajari, dan msnambah daya ingat siswa

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus