Pengelolaan kelas Dan Penataan Lingkungan
A. Pengertian Pengelolaan Kelas
1). Pengelolaan kelas adalah serangkaian tindakan guru yang ditunjukkan untuk mendorong munculnya tingkah laku siswa yang diharapkan dan menghilangkan tingkah laku siswa yang tidak diharapkan serta usaha guru untuk menciptakan memelihara dan mengembangkan iklim belajar yang kondusif
Menurut weber,1977 (didalam Sri Anitah :2007) pengelolaan kelas (classroom management) dilihat dari pendekatan otoriter,memandang pengelolaan kelas sebagai kegiatan guru untuk mengontrol tingkah laku siswa. Menurut pendekatan ini,tugas guru adalah menciptakan dan memelihara aturan di dalam kelas melalui penerapan disiplin.
Sedangkan menurut pendekatan permisif menyatakan bahwa pengelolaan kelas adalah kegiatan guru dalam memaksimalkan kebebasan siswa, peran guru adalah membantu siswa merasakan kebebasan untuk melakukan apa yang mereka inginkankapanpun mereka mau.
Menurut weber (didalam sri Anitah 2007)
Mengemukakan tiga pengertian lain dari pengelolaan kelas.ketiga pengertian tersebut adalah sebagai berikut:
1. Pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan guru untuk mendorong munculnya tingkah laku siswa yang diharapkan dan menghilangkan tingkah laku yang tidak diharapkan.pengerti ini didasarkan pada pendekatan modifikasi tingkah laku. Menurut pendekatan ini peran guru dalam pengelolaan kelas adalah membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan prinsip-prinsip yang berasal dari teori penguatan.
2. Pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan guru untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dan iklim Sosio emosional kelas yang positif pada pendekatan iklim Sosio emosional menurut pendekatan ini peran guru dalam pengelolaan kelas adalah mengembangkan iklim Sosio emosional khas yang positif melalui penciptaan hubungan interpersonal yang sehat baik antara guru dan siswa maupun antara siswa dan siswa.
3. Pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan dilakukan guru untuk menciptakan dan memelihara organisasi kelas yang efektif. Pengertian ini didasarkan pada pendekatan proses kelompok menurut pendekatan ini tugas guru dalam pengelolaan kelas adalah membantu mengembangkan dan melaksanakan sistem kelas yang efektif.
2).Pentingnya Pengelolaan kelas Dlam Proses Pembelajaran
Pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang ditunjukkan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dan pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan yang ditunjukkan untuk menciptakan kondisi kelas yang memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang efektif merupakan sifat Aspek penting dalam proses pembelajaran pengelolaan kelas yang efektif merupakan pernyataan yang efektif Oleh karena itu salah satu tugas guru membantu siswa belajar yang menciptakan suatu kelas yang sangat aman dan sehat situasi kelas yang penuh akan memberikan rasa aman dan kebebasan kepada siswa untuk partisipasi aktif dalam proses pembelajaran yang telah ditetapkan guru akan dapat dicapai siswa.
B. Penataan lingkungan kelas
Lingkungan fisik kelas harus ditata atau diatur untuk mendukung aktivitas belajar yang dikembangkan guru secara individual tujuan pembelajaran dan perubahan kegiatan belajar dilakukan siswa menuntut perubahan dalam penataan lingkungan fisik kelas.
1.prinsip-prinsip penataan linhkungan fisik kelas
Lingkungan fisik kelas yang baik adalah ruangan yang kelas yang menarik efektif serta mendukung siswa dan guru dalam proses pembelajaran kelas yang tidak ditata dengan baik akan menjadi penghambat bagi siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
Dalam menata kelas guru harus mempertimbangkan 5 hal yaitu sbb:
a. Keleluasaan pandangan
b. Mudah dicapai
c. Keluwesan
d. Kenyamanan
e. Keindahan
2.penataan lingkungan psiko-sosial kelas
Iklim diriku Sosial kelas dan pengaruh terhadap hasil belajar konsep diri harga diri dan sikap siswa terhadap sekolah. Iklim Psychosocial khas berkenaan dengan hubungan sosial pribadi antara guru dan siswa serta antar siswa hubungan yang harmonis antara guru dan siswa serta antar siswa akan dapat menciptakan iklim psikososial kelas yang sehat dan efektif bagi berlangsungnya proses pembelajaran.
(1). Karakteristik guru
a. Disukai oleh siswanya
b. Memiliki persepsi yang realistik tentang dirinya dan siswanya.
c. Akrab dengan siswa dalam batas hubungan siswa-guru
d. Bersikap positip atas pertanyaan atau respons siswa
e. Sabar, teguh dan tegas
(2).hungan sosial antar siswa
Selain dari pribadi guru sendiri iklim Psychosocial juga dipengaruhi oleh hubungan sosial antar siswa baik dalam belajar kelompok maupun kerja kelompok siswa diminta bekerja sama satu sama lain
Ada beberapa aspek pentingnya kegiatan kelompok dapat berhasildengan baik guru harus memperhatikan :
a. Perilaku yg diharapkan
b. Fungsi kepemimpinan
c. Pola persahabatan siswa
d. Norma atau atutan
e. Kemampuan berkomunikasi
f. Kebersamaan
Daftar pustaka
Sri Anitah, 2007. Strategi Pembelajaran Di Sd. Jakarta:Universitas Terbuka
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusApa fungsi hubungan sosial antar siswa
BalasHapusFungsi hubungan sosial antar siswa dapat mempermudah proses pembelajaran baik secara kelompok ataupun individu,siswa juga dapat saling mengenal dan saling memahami karakter satu sama lain, mempelancarkan komunikasi antara sesama siswa,
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapus