Rabu, 01 Mei 2019

Materi ke 8 keterampilan dasar mengajar

1. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.

A. Pengertian
      Menurut Sri Anitah (2007) secara umum dapat dikatakan bahwa keterampilan Membuka pelajaran adalah keterampilan yang berkaitan dengan usaha guru dalam memulai kegiatan pembelajaran
    sedangkan keterampilan menutup pelajaran adalah keterampilan berkaitan dengan usaha guru Dalam mengakhiri pelajaran.
   bahwa kegiatan Membuka pelajaran merupakan kegiatan menyiapkan siswa untuk memasuki inti kegiatan sedangkan kegiatan penutup belajar adalah kegiatan untuk menetapkan atau Menindaklanjuti topik yang telah dibahas, dengan demikian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan administrasi dan pengelolaan seperti mengisi daftar hadir menyiapkan alat-alat pelajaran atau ketersediaan buku-buku pelajaran tidak termasuk dalam kegiatan membuka dan menutup pelajaran
   dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan membuka dan menutup pelajaran adalah kegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung dengan pembahasan materi pelajaran.

Tujuan yang ingin dicapai dengan menerapkan keterampilan Membuka pelajaran adalah:
a. Menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti pelajaran
b. membangkitkan motivasi dan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran
 c. memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas yang tugas yang harus dikerjakan siswa
 d. menyadarkan bahwa siswa akan hubungan antara pengalaman atau bahan yang sudah dimiliki dan diketahui dengan akan dipelajari
e. memberikan gambaran tentang pendekatan atau kegiatan yang akan diterapkan atau dilaksanakan dalam kegiatan belajar.

Tujuan yang ingin dicapai dengan menerapkan keterampilan menutup pelajaran:
a. Memantapkan pemahaman siswa terhadap kegiatan belajar yang telah berlangsung
b.  mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran telah dijalani
c. memberikan tindak lanjut untuk mengembangkan kemampuan baru yang Saja dikuasai.

2. Komponen-komponen keterampilan membuka dan menutup pelajaran
1.membuka pelajaran
a. Menarik perhatian siswa
     Sebagaimana dikemukakan pada butir kegiatan Membuka pelajaran dapat dilakukan dengan Setiap awal kegiatan komponen keterampilan yang perlu dikuasai guru dalam Membuka pelajaran adalah:
* variasikan gaya belajar guru misalnya dengan variasi suara rendah dari rendah ke tinggi dengan mengubah posisi guru atau dengan gerak dan mimik muka
* menggunakan alat-alat bantu mengajar yang dapat menarik perhatian siswa Misalnya menggunakan gambar-gambar menarik metode-metode yang relevan atau diagram yang mengandung kegiatan bertanya siswa.
* penggunaan pola interaksi yang bervariasi
  Menimbulkan motivasi Salah satu tujuan Membuka pelajaran dalam membangkitkan motivasi siswa untuk mempelajari atau memasuki topik yang dibahas atau yang dikerjakan cara menimbulkan motivasi ada bermacam-macam di antaranya adalah sebagai berikut:
a. Sikap hangat dan antusias kehangatan dan sosial ditunjukkan guru merupakan awal dari munculnya keinginan siswa untuk belajar.
b. Menimbulkan rasa ingin tahu
  rasa ingin tahu merupakan alasan yg cukup ampuh bagi seorang dalam belajar sesuatu
c.  mengemukakan ide yang bertentangan pertentangan biasanya mengubah mengunggah pendengaran untuk bertanya atau mengajukan pendapat
d. memperhatikan minat siswa terhadap suatu topik atau kegiatan sangat berkaitan erat dengan keinginannya untuk dipelajari atau mengikuti topik kegiatan tersebut
e. Memberi acuan usaha Membuka pelajaran bertujuan untuk memberikan gambaran singkat kepada siswa tentang berbagai topik atau kegiatan yang akan dipelajari siswa dalam pelajaran tersebut.
 Acuan dapat diberikan dengan berbagai cara seperti berikut:
1) mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas
2)menerangkan langkah-langkah yang akan dilakukan
3)mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas
4) mengajukan pertanyaan-pertanyaan
F. Membuat kaitan
  Salah satu aspek pembelajaran jadi bermakna adalah jika pelajaran tersebut dikaitkan dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa usaha guru untuk mengaitkan pelajaran baru dengan pelajaran pemasaran tersebut menyajikan bahan apersepsi yang dilakukan pada awal pelajaran. Dalam hal ini guru berusaha mengaitkan materi baru dengan pengetahuan pengalaman minat serta kebutuhan siswa soalnya meninjau kembali pemahaman siswa tentang aspek-aspek yang telah diketahui dari materi baru yang dijelaskan berkaitan materi baru dan materi yang sudah diketahui siswa yang sama sekali baru Maka garis-garis Jelaskan lebih dahulu.
2.menutup pelajaran
Kegiatan untuk pelajar yang dilakukan pada setiap akhir tunggal kegiatan agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif guru daerah penghasil cara mata pelajaran sebagai berikut
a. Meninjau kembali
     Untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap mata pelajaran pada akhir kegiatan guru untuk melakukan jam kembali tetap mahasiswa Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu merangkum atau membuat ringkasan inti pelajaran
b. Menilai
   Tinggal kegiatan atau akhir suatu pelajaran dapat ditutup dengan menilai penguasaan siswa tentang pelajaran yang telah dibahas penilaian dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti tanya jawab secara lisan,mendemonstrasikan keterampilan, mengaplikasikan ide baru menyatakan ,pendapat tentang Masalah yang dibahas
c. Memberi tindak lanjut
   Agar segera menetapkan atau mengembangkan kemampuan yang harus dipelajari guru perlu memberikan tindak lanjut yang dapat berupa tugas-tugas dari pekerjaan secara individual seperti pekerjaan rumah,tugas kelompok untuk merancang sesuatu atau masalah berdasarkan objek yang dipelajari
3.prinsip-prinsip penggunaan
   a. Bermakna
Kegiatan dilakukan dalam membuka dan menutup pelajaran haruslah bermakna artinya relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan yang diinginkan seperti menarik perhatian meningkatkan motivasi tujuan membuat jahitan atau menilai.
b. Berurutan dan berkesinambungan
Guru hendaknya berusaha membuat susunan kegiatan yang tepat sesuai dengan minat pengalaman dan komposisi serta kaitannya antara yang satu dengan yang lain.

2. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil.
Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil merupakan keterampilan dasar mengajar diperlukan untuk lebih meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

A. Rasional
      Sila ketiga dari Pancasila bunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan kepada kita bahwa masyarakat merupakan merupakan ciri khas kehidupan bangsa Indonesia yang diterapkan untuk menghasilkan keputusan
B. Pengertian
Diskusi kelompok kecil juga memenuhi 4 syarat tersebut seperti melibatkan kelompok yang anggotanya berkisar antara 3 sampai 9 orang,berlangsung dalam situasi tatap muka yang normal,mempunyai tujuan mengikat anggota kelompok sehingga terjadi kerjasama untuk mencapainya berlangsung menurut proses yang teratur dan sistematis menuju kepada tercapainya tujuan kelompok
C. Komponen - komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
1 memperhatikan
2 memperjelas masalah diagram pendapat 3 menganalisis pandangan
 4 meningkatkan urunan
5 menyebarkan kesempatan berpartisipasi dan menutup diskusi
D. Prinsip penggunaan
Prinsip-prinsip penggunaan adalah sebagai berikut
 1 diskusi dapat dilaksanakan dalam semua pengajaran bidang studi jenjang siswa kelas nya mampu mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan
 2 topik atau masalah yang didiskusikan atau pengusaha berupa informasi pendapat dari banyak orang untuk membacanya atau mencapainya
 3 diskusi kelompok di sekolah dasar masih memerlukan bantuan guru

3. Keterampilan mengelola kelas
    A.  Pengertian pengelolaan kelas
         Menurut saiful bahri, (2010)     Pengelolaan kelas adalah salah satu tugas guru yang tidak pernah tinggalkan guru mengelola kelas ketika dan melaksanakan tugasnya pengelolaan kelas yang suka untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak didik sehingga tujuan pengajaran berjalan secara efektif dan efisien.
 B. Tujuan pengelolaan kelas
      Pengelolaan kelas dilakukan guru bukan tujuan dari tujuan itulah guru selalu berusaha mengelola kelas walaupun terkadang kelelahan fisik maupun pikiran dirasakan 7 orang kelas berat ikan yang terkandung dalam tujuan didirikan secara umum tujuan pameran kelas adalah pendidikan fasilitas sebagai bermacam-macam kegiatan belajar siswa dan lingkungan sosial emosional dan intelektual dalam kelas.
  Sebagai indikator dari sebuah kelas yang tertib adalah apabila
1 anak tersebut kerja tidak macet artinya tidak ada anak terhenti karena tidak tahu harus dilakukan atau tidak dapat melakukan tugas yang diberikan kepadanya luas
2 Setiap anak terus melakukan pekerjaan tanpa harus membuang waktu artinya setiap anak akan bekerja secepatnya supaya kelas menyelesaikan tugas diberikan kepadanya

C. Berbagai pendekatan dalam pengelolaan kelas
a. pendekatan kekuasaan
b. pendekatan ancaman
c.  penegakan kebebasan
d.  pendekatan resep
e. pendekatan
 f. pengajaran pendekatan perubahan tingkah laku

D. Prinsip-prinsip pngelolaan kelas
    1.hangat dan antusias
    2.tantangan
    3.bervariasi
    4.keluwesam
    5.penekalan pada hal-hal positif
    6.penanaman disiplin diri

4.ketampilan mengajar kelompok kecildan perorangan

Mengajar kelompok kecil dari perorangan kecil merupakan bentuk mengajar klasifikasi biasa yang memungkinkan guru dalam waktu yang menghadapi berapa kelompok yang belajar secara kelompok 8 orang yang baik dan bekerja atau belajar secara perorangan.
     Pengajaran kelompok kecil dan perorangan merupakan suatu bentuk pelajar yang memungkinkan guru memberikan pengertian terhadap setiap peserta didik dan menjadikan hubungan yang lebih akrab antara guru dan peserta didik maupun peserta didik antara peserta didik.

Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dapat dilakukan dengan cara
1. Mengembangkan keterampilan dalam organisasi memberikan motivasi dan variasi dan pemberian tugas
2. Bimbingan mudahkan Banjar yang mencangkup penguatan proses awal supervisi dan interaksi pembelajaran
3. Perencanaan penggunaan ruangan
4. Pemberian tugas yang jelas menantang dan menarik

Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan terdiri dari
a. Keterampilan mengadakan keterampilan pribadi
b. Keterampilan mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
c. Keterampilan membimbing dan memberikan kemudahan
d. Keterampilan merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.





               Daftar pustaka

Anitah, sri. 2007. Strategi pembelajaran do sd. Jakarta:Universitas terbuka.

Djamarah bahri dkk. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka cipta.

5 komentar:

  1. Memgapa keterampilan menjelaskan sangat penting bagi guru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keterampilan menjelaskan sangat penting bagi guru karena sebagian besar percakapan guru yang mempunyai pengaruh terhadap pemahaman siswa adalah berupa penjelasan penguasaan keterampilan menjelaskan yang di operasikan guru akan memungkinkan Siswa memiliki pemahaman yang mantap tentang masalah yang dijelaskan serta meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus