Selasa, 14 Mei 2019

Materi ke 9

KEGIATAN REMEDIAL DAN KEGIATAN PENGAYAAN

 Kegiatan Remedial
 
A. Hakikat, tujuan, dan fungsi kegiatan remedial
1.  Hakikat kegiatan remedial
 Menurut Sri, Anitah (2007:9.4) kegiatan remedial adalah kegiatan membantu siswa dalam menguasai materi pembelajaran.
2. Tujuan dan fungsi kegiatan remedial
 Kegiatan remedial adalah kegiatan yang membantu siswa menguasai materi pembelajaran, dapat kita ketahui bahwa tujuan gurumelaksanakan kegiatan remedial adalah membantu siswayang mengalami kesulitan dala memahami materi pembelajaran agar mencapai hasil pembelajaran yang baik . Sri, Anitah (2007.9.4)
  Sedangkan menurut saya adalah kegiatan remedial adalah untuk menguasai siswa dalam materi pelajaran melalaui kegiatan pembelajaran atau tambahan.

   Fungsi kegiatan remedial:
a. fungsi korektif
    Memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
b. fungsi pemahaman
    Kegiatan remedial akan terjadi proses pemahan baik pada guru maupun siswa
c. fungsi penyesuaian
   Karena pelaksanaan kegiatan remedial disesuiakan dengan kesulitan dan krakteristik individu yang mengalami kesulitan belajar
d. fungsi pengayaan
    Kegiatan remedial  mempunyai fungsi pengayaan bagi proses pembelajaran karena melalui kegiatan remedial guru memanfaatkan sumber belajar, metode mengajaran atau alat bantu pembelajaran yang lebih bervariasi dari yang diterapkan guru dalam pembelajaran biasa.
e.fungsi akselarasi
  Terhadap pembelajaran karena melalui kegiatan remedial guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
f. fungsi teraupetikosial
  Guru dapat membantu dapat mengatasi kesulitan siswa  yang berkaitan dengan aspek sosial pribadi

B. Pendekatan dalam kegiatan remedial
     Warkiri dkk mengemukakan tiga pendekatan dalam kegiatan remedial.
1. Pendekatan yang bersifat preventif
   Kegiatan remedial dilaksanakan untuk membantu siswa yang diduga  akan mengalami kesulitan dalam menguasai kopetensi  yang telah ditetapkan.
2. pendekatan yang bersifat kuratif
   Kegiatan remedial ditunjukan untuk membantu mengatasi kesulitan siswa setelah siswa mengikuti pembelajaran biasa
3. Pendekata yang bersifat pengembangan
   Kegiatan remedial dipandang bersifat pengembangan apabila kegiatan remedial dilaksanakan selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa.

 C. Jenis- jenis kegiatan remedial
1. Mengajarkan kembali
2. menggunakan alat peraga
3. kegiatan kelompok
4. Tutorial
5. sumber belajar yang relevan

 D. Prosedur pemilihan kegiatan
1. Analisis hasil Diagnosis
2. Menemukan penyebab kesulitan
3. Menyusun rencana kegiatan remedial
4. Melaksanakan kegiatan remedial
5. Menilai kegiatan remedial


  Kegiatan pengayaan 
A. Hakikat pengayaan
    Kegiatan pengayaan dapat dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pembelajaran biasa atau diluar jam pembelajaran.
 B.  Jenis kegiatan pengayaan
1. Tutor Sebaya
2. Mengembangkan latihan
3. Mengembangkan media dan sumber pembelajaran
4. Melakukan proyek
5. memberikan permainan, masalah atau kopetensi Antarsiswa

C. Faktor - faktor yang harus diperhatikan dalam melaksanakan kegiatan pengayaan
1. Faktor siswa
2. Faktor manfaat edukatif
3. Faktor waktu


                                 Daftar Pustaka
Anitah, sri. 2007. Strategi pembelajaran Di sd. Jakarta: Universitas Terbuka 

4 komentar:

  1. Sebutkan tugas apa yang diberikan guru terhadap siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugas yang diberikan guru pada siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan diantaranya adalah memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas membuat hasil karya melakukan suatu proyek membahas masalah atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa apapun kegiatan guru hendaknya kegiatan penilaian tersebut menjalankan dan mengembangkan kemampuan kognitif tinggi sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan

      Hapus
    2. Tugas yang diberikan guru pada siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan diantaranya adalah memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas membuat hasil karya melakukan suatu proyek membahas masalah atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa apapun kegiatan guru hendaknya kegiatan penilaian tersebut menjalankan dan mengembangkan kemampuan kognitif tinggi sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus