KEGIATAN REMEDIAL DAN KEGIATAN PENGAYAAN
Kegiatan Remedial
A. Hakikat, tujuan, dan fungsi kegiatan remedial
1. Hakikat kegiatan remedial
Menurut Sri, Anitah (2007:9.4) kegiatan remedial adalah kegiatan membantu siswa dalam menguasai materi pembelajaran.
2. Tujuan dan fungsi kegiatan remedial
Kegiatan remedial adalah kegiatan yang membantu siswa menguasai materi pembelajaran, dapat kita ketahui bahwa tujuan gurumelaksanakan kegiatan remedial adalah membantu siswayang mengalami kesulitan dala memahami materi pembelajaran agar mencapai hasil pembelajaran yang baik . Sri, Anitah (2007.9.4)
Sedangkan menurut saya adalah kegiatan remedial adalah untuk menguasai siswa dalam materi pelajaran melalaui kegiatan pembelajaran atau tambahan.
Fungsi kegiatan remedial:
a. fungsi korektif
Memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
b. fungsi pemahaman
Kegiatan remedial akan terjadi proses pemahan baik pada guru maupun siswa
c. fungsi penyesuaian
Karena pelaksanaan kegiatan remedial disesuiakan dengan kesulitan dan krakteristik individu yang mengalami kesulitan belajar
d. fungsi pengayaan
Kegiatan remedial mempunyai fungsi pengayaan bagi proses pembelajaran karena melalui kegiatan remedial guru memanfaatkan sumber belajar, metode mengajaran atau alat bantu pembelajaran yang lebih bervariasi dari yang diterapkan guru dalam pembelajaran biasa.
e.fungsi akselarasi
Terhadap pembelajaran karena melalui kegiatan remedial guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
f. fungsi teraupetikosial
Guru dapat membantu dapat mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial pribadi
B. Pendekatan dalam kegiatan remedial
Warkiri dkk mengemukakan tiga pendekatan dalam kegiatan remedial.
1. Pendekatan yang bersifat preventif
Kegiatan remedial dilaksanakan untuk membantu siswa yang diduga akan mengalami kesulitan dalam menguasai kopetensi yang telah ditetapkan.
2. pendekatan yang bersifat kuratif
Kegiatan remedial ditunjukan untuk membantu mengatasi kesulitan siswa setelah siswa mengikuti pembelajaran biasa
3. Pendekata yang bersifat pengembangan
Kegiatan remedial dipandang bersifat pengembangan apabila kegiatan remedial dilaksanakan selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa.
C. Jenis- jenis kegiatan remedial
1. Mengajarkan kembali
2. menggunakan alat peraga
3. kegiatan kelompok
4. Tutorial
5. sumber belajar yang relevan
D. Prosedur pemilihan kegiatan
1. Analisis hasil Diagnosis
2. Menemukan penyebab kesulitan
3. Menyusun rencana kegiatan remedial
4. Melaksanakan kegiatan remedial
5. Menilai kegiatan remedial
Kegiatan pengayaan
A. Hakikat pengayaan
Kegiatan pengayaan dapat dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pembelajaran biasa atau diluar jam pembelajaran.
B. Jenis kegiatan pengayaan
1. Tutor Sebaya
2. Mengembangkan latihan
3. Mengembangkan media dan sumber pembelajaran
4. Melakukan proyek
5. memberikan permainan, masalah atau kopetensi Antarsiswa
C. Faktor - faktor yang harus diperhatikan dalam melaksanakan kegiatan pengayaan
1. Faktor siswa
2. Faktor manfaat edukatif
3. Faktor waktu
Daftar Pustaka
Anitah, sri. 2007. Strategi pembelajaran Di sd. Jakarta: Universitas Terbuka
Sebutkan tugas apa yang diberikan guru terhadap siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan
BalasHapusTugas yang diberikan guru pada siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan diantaranya adalah memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas membuat hasil karya melakukan suatu proyek membahas masalah atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa apapun kegiatan guru hendaknya kegiatan penilaian tersebut menjalankan dan mengembangkan kemampuan kognitif tinggi sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan
HapusTugas yang diberikan guru pada siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan diantaranya adalah memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas membuat hasil karya melakukan suatu proyek membahas masalah atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa apapun kegiatan guru hendaknya kegiatan penilaian tersebut menjalankan dan mengembangkan kemampuan kognitif tinggi sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus