Rabu, 22 Mei 2019

Strategi pembelajaran 

Tentang pembelajaran yang efektif
1. perencanaan pembelajaran yang efektif

a. pengertian perencanaan pembelajaran yang efektif

 Menurut sri Anitah (2007:12.5) perencanaan mencakup kegiatan yang merumuskan tujuan, apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan pengajaran, cara yang dipakai untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, atau materibahan apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikanya, serta alat atau media apa yang diperlukan. Perencanaan pembelajaran dapat dikatakan sebagai pengembangan intruksional yang merupakan suatu sistem yang terintegrasi dan terdiri dari beberapa unsuryang saling berinteraksi.
  perencanaan pembelajaran merupakan tahapan penting dalam proses pembelajaran, dengan perencanan pengajaran dapat diidentiofikasi apakah pembelajaran yang dikembangkan dilaksanakan sudah menerapkan konsep belajar siswa aktif atau mengembangkan pendekatan keterampilan proses.
  jadi dapat disimpulkan disini pelaksanaan pembelajaran yang efektif adalah suatu pedoman dalam proses pembelajaran di kelas. dan pealaksanaan pembelajaran itu mendorong guru untuk lebih siapmelakukan proses pembelajaran.

b. prinsip perencanaan pembelajaran
   perencanaan pembelajaran merupakan kurikulum secara mikro yang menggambarkan tujuan atau kopetensi, materi, isi pembelajaran, kegiatan belajar dan alat evaluasiyang digunakan.
 prinsip- prinsip perencanaan  pembelajaran sebagai berikut:
1. perencanaan pembelajaran harus berdasarkan kondisi siswa
2. perencanaanpembelajaran harus sesui dengan kurikulum yang berlaku
3. pwrencanaan pembelajaran harus memperhitungkan waktu yang tersedia
4. perencanaan pembelajaran harusmerupakan urutan kegiatan belajar yang sistematis 

c. prosedur perencanaan pembelajaran
 1. penyusunan silabus
silabus merupakan produk utama dari pengembangan kurikulum sebagai suatu rencanatertulis yang harus memiliki keterkaitan dengan produk pengembangan kurikulum lainya yaitu proses pembelajaran.
2. penyusunan rencana satuan pembelajaran.
untuk pegangan mengajar dalam jangka waktu yang lebi pendek, guru harus membuat rencana atau satuan atau unit program pembelajaran terkecil untuk jangka waktu mingguan atau harian yang berisi rencana penytampaian satuan pokok atau satuan bahasa tertentu dalam satu mata pembelajaran.

2. Pembelajaran yang efektif
a. pengertian pembelajaran yang efektif
   Efektivitas pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa segi, yang dimulai dari perencanaan guru.
perencanaan pembelajaran yang berkenan dengankeputusan yang diambil dari guru dalam mengorganisasikan, mengimplementasikan dan mengavalusai hasil pembelajaran.
 b. faktor - faktor yang berkaitan dengan berkaitan dengan kegiatan pembelajaran
  1. Isi
Isipembelajaran yang berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, aturan dan konsep atau proses kreatif yang akan dipelajari pebelajar.
  2. Bahan
Bahan pelajaran berwujud tulisan, bentuk fisik atau stimuli visual, yang digunakan dalm pembelajran.
   3. Strategi pembelajaran
Pemilihan berbagai strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan isi pembelajaran yang merupakan perencanaan sentral guru
 3. Pendekatan pembelajar yang efektif
 Pendekatan pembelajaran yangefektif adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pebelajar.
Pada saat ini telah ada perubahan pradikma dalam pembelajaran yaitu pembelajaran yang tidak lagi berpusat pada guru, melainkan berpusat pada pebelajar.
 dalam pembelajaran dapat diuraikan 3 jenis pendekatan yang diterapkan yait
a. belajar mandirin
b. pembelajaran terpadu
c. belajar berbasis masalah

  faktor - faktor yang mempengaruhi pembelajaran
Dalam pembelajaran ada beberapa faktor - faktoryang mempengaruhi kegiatan sistem pembelajaran, diantaranya adalah sebagai berikut:
a. faktor guru
Guru adalah komponen yang sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran.Tanpaguru bagaimanapun bagus dan idenya suatu strategi itu tidak bisa diaplikasikanbagus dan idenya suatu strategi itu tidak diaplikasikan
 Karakteristik guru yang erat kaitanya dengan pembelajaran mencakup:
 Siswa adalah organisme unik yang berkembang  sesuai dengantahapan perkembangannya.
perkembagan anak adalah perkembangan seluruh aspek kepribadiannya akan tetapi tempo dalam irama perkembngan masing - masing anak pada setiap tidak selalu sama


                                          Daftar Rujukan
Anitah, sri. 2007. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

7 komentar:

  1. Bagaimana pembelajaran agar berjalan lebih efektif menurut pendapat saudara??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guru mampu membuat siswa nyaman pelajaran dan kondisi ruang sekitar, jika masih ada siswa ad siswa yg ribut maka siswa yg lain akan merasa trganggu dan kondisi siswapun akan hilang, jadi pmbelajaran akan efektif jika kondisi sekitar tenang dan nyaman

      Hapus
    2. Guru mampu membuat siswa nyaman pelajaran dan kondisi ruang sekitar, jika masih ada siswa ad siswa yg ribut maka siswa yg lain akan merasa trganggu dan kondisi siswapun akan hilang, jadi pmbelajaran akan efektif jika kondisi sekitar tenang dan nyaman

      Hapus
    3. Guru mampu membuat siswa nyaman pelajaran dan kondisi ruang sekitar, jika masih ada siswa ad siswa yg ribut maka siswa yg lain akan merasa trganggu dan kondisi siswapun akan hilang, jadi pmbelajaran akan efektif jika kondisi sekitar tenang dan nyaman

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Guru mampu membuat siswa nyaman dengan pelajaran dan kondi ruangan sekitar, jika masih ad siswa yg ribut maka siswa yg lain akan merasa risih, dan konsentrasi siwa pun akan buyar,jadi pembelajaran akan efektif jika kondisi sekitar baik2 saja

    BalasHapus
  4. Guru mampu membuat siswa nyaman dengan pelajaran dan kondi ruangan sekitar, jika masih ad siswa yg ribut maka siswa yg lain akan merasa risih, dan konsentrasi siwa pun akan buyar,jadi pembelajaran akan efektif jika kondisi sekitar baik2 saja

    BalasHapus