Menurut Heinich,dkk dalam (Sri anitah 2007) media merupakan alat saluran komunikasi.media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata "medium"yang secara harfiah berarti "perantara" yaitu perantara sumber pesan dengan penerimaan pesan (areceiver) seperti Film, Televisi,diagram, bahan tercetak komputer, dan instruktur. Dalam proses pembelajaran terdapat pesan-pesan yang harus dikomunikasikan. pesan tersebut biasanya merupakan isi dari suatu topik pembelajaran. pesan disampaikan oleh guru kepada siswa melalui suatu media dengan menggunakan prosedur pembelajaran tertentu yang disebut metode.
secara umum media merupakan kata jamak dari media memberati perantara atau pengantar kata pembelajaran berarti Suatu kondisi yang diciptakan untuk membuat seseorang melakukan suatu kegiatan belajar. berdasarkan kedua definisi tersebut media pembelajaran diartikan sebagai penyalur pesan atau informasi belajar untuk mengkondisikan seseorang (siswa) untuk belajar
(Arif, 2000:1)
Sedangkan menurut Wina (2013: 163 ) bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan pendidikan.
Menurut Riana (2008:1) mengatakan bahwa media pembelajaran merupakan alat untuk memberi rangsangan bagi siswa supaya terjadi proses belajar. Hal tersebut dikarenakan pada saat kegiatan belajar berlangsung, bahan pembelajaran (learning material) yang diterima siswa dapat diperoleh melalui media.
Media pembelajaran pada hakekatnya merupakan saluran atau jembatan dari pesan-pesan pembelajaran(message) yang disampaikan oleh sumber pesan (guru) kepada penerima pesan (siswa)dengan maksud agar pesan-pesan tersebut dapat diserap dengan cepat dan tepat sesuai dengan tujuannya.
Pemahaman terhadap konsep media pembelajaran tidak terbatas hanya kepada peralatan (hardware), Tetapi lebih utama yaitu pesan atau informasi (sofware) yang disajikan melalui peralatan tersebut dengan demikian konsep media pembelajaran itu mengandung pengertian adanya peralatan dan bahasa yang mengandung dalam satu kesatuan yang utuh.
Fungsi utama media pembelajaran yaitu sebagai sarana baru untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif. Dengan fungsi itu, media pembelajaran harus dijadikan bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran itu sendiri. Dalam penggunaannya bahan ajar Tidak diperkenankan menggunakannya hanya sekadar untuk permainan atau memancing perhatian siswa Semata.
Fungsi lain yaitu untuk mempercepat proses belajar sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan mengurangi verbalisme (salah penafsiran).
Guru dapat lebih mengefektifkan pencapaian kompetensi atau tujuan pembelajaran Melalui penggunaan media secara optimal sebab media ini memiliki nilai dan manfaat yang sangat menguntungkan diantaranya
1.membuat konkrit konsep konsep yang abstrak, konsep yang dirasakan masih bersifat abstrak dan sulit dijelaskan secara langsung kepada siswa bisa dikonkretkan atau disederhanakan melalui pemanfaatan media pembelajaran misalnya untuk menjelaskan tentang sistem peredaran darah manusia arus listrik berhembusnya angin bisa menggunakan media gambar atau bagan sederhana
2. menghadirkan objek-objek terlalu berbahaya atau sukar didapat ke dalam lingkungan belajar misalnya guru menjelaskan yang menekan gambar atau program televisi tentang binatang binatang buas seperti harimau dan beruang Atau hewan-hewan lainnya seperti gajah jerapah Dinosaurus 3.menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil misalnya guru akan menyampaikan gambaran mengenai sebuah kapal laut pesawat udara Pasar Candi atau menampilkan objek objek yang terlalu kecil seperti bakteri virus semut nyamuk atau hewan benda kecil lainnya
4.memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau lambat dengan menggunakan teknik gerakan lambat dalam media film disempurnakan tentang lintasan peluru melesatnya anak panah atau gerakan suatu ledakan di kembangkan juga gerak-gerak yang terjadi lambat seperti pertumbuhan kecambah mekarnya bunga wijaya kusuma
Apabila dalam pembelajaran menggunakan media ada berapa manfaat yang diperoleh 1. memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistik
2. mengatasi keterbatasan ruang waktu tenaga dan Indra
3. menimbulkan gaya belajar karena terjadi interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar
4.mungkin anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual
5. Memberi rangsangan yang sama , menyamakan pengalaman, dan
menimbulkan persepsi yang sama.
Masih banyak nilai dan manfaa belajar yang lainnya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran
1. mungkinkan siswa berinteraksi secara langsung dengan lingkungannya
2. Mungkinkah adanya keseragaman pengamatan atau persepsi belajar pada masing-masing siswa
3. maka motivasi belajar siswa
4.menyajikan informasi belajar secara konsisten dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan
5. menyajikan pesan atau informasi belajar secara serempak bagi seluruh siswa
6. mengatasi Keterbatasan waktu dan ruang
7. mengontrol arah kecepatan belajar siswa
B. jenis-jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran
a. Media visual media
visual adalah alat atau sumber belajar yang didalamnya berisikan pesan informasi khususnya materi pelajaran disajikan secara menarik dan kreatif dan diterapkan dengan menggunakan indra penglihatan jadi media visual ini tidak dapat digunakan untuk umum lebih tepatnya menjadi tidak dapat digunakan oleh para tunanetra karena media ini hanya dapat digunakan dengan indra penglihatan saja.
Macam-macam media visual
- Gambar atau foto fungsi media gambar adalah mempermudah peserta didik dalam proses belajar mengajar dan juga agar tercapainya tujuan belajar dengan adanya gambar tersebut dapat mempermudah dalam menyampaikan pesan atau informasi dan juga mempermudah peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang akan disampaikan oleh pendidik sehingga dapat tercapainya tujuan belajar
- Peta konsep adalah suatu gambar yang menyajikan atau menyampaikan suatu hubungan yang bermakna antara konsep dari suatu pokok-pokok materi pembelajaran dan penyajiannya biasanya pokok-pokok materi tersebut dihubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi yang dapat dijabarkan lebih luas mengenai materi tersebut
- Diagram-diagram adalah suatu media yang digunakan untuk mendapatkan atau menerangkan Suatu data yang akan disajikan dalam bentuk gambar sehingga perlu tidak menyenangkan karena peserta didik tidak perlu membaca teks atau materi pelajaran dengan tulisan yang sangat banyak sehingga bawahannya peserta didik dapat memahami materi hanya dengan mengamati dan memahami isi dari gambar diagram saja
- Grafik grafik adalah media visual yang berupa grafis dan penyajiannya menggunakan titik-titik atau garis-garis untuk menyampaikan informasi statistik yang saling berhubungan grafik sebagai media belajar untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas maupun kuantitas dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam memahami materi tersebut dan sederhana sehingga mempermudah peserta didik dalam memahami materi
Kelebihan media visual
- Dapat dianalisis lebih mudah Selain itu media visual juga dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi dan juga membuat peserta didik untuk berpikir lebih kritis dan juga materi yang disajikan dengan menggunakan media siswa akan lebih mudah diingat oleh peserta didik
- Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru untuk belajar
- Meningkatkan daya tarik peserta didik terhadap materi yang disajikan dengan menggunakan media visual
- Mudah untuk diaplikasikan
Kekurangan
- Kurang praktis Dalam penggunaannya
- Hanya berupa gambar dan tulisan saja sehingga media ini tidak dapat diterapkan untuk peserta didik yang berkebutuhan khusus salah satunya adalah tunanetra media ini tidak dapat dilengkapi dengan suara Jadi kurang menarik
- Biaya produk cukup mahal karena sebelum menggunakan media ini harus menyita atau membuat dan mengirimnya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat
b. Media audio
Media audio adalah media audio atau media dengar adalah jenis media pembelajaran atau sumber belajar yang berisikan pesan atau materi pembelajaran yang disajikan secara menarik dan kreatif dan diterapkan dengan menggunakan indra pendengaran saja karena media ini hanya berupa suara.
Macam-macam media audio
- Radio radio adalah media visual yang berupa benda atau alat yang dapat dipergunakan untuk memfasilitasi proses belajar-mengajar dan diterapkan dengan menggunakan indra pendengaran fungsi radio sebagai media belajar adalah dapat memberikan informasi-informasi yang dimuat di dalamnya
- Alat perekam pita magnetik merupakan media belajar berbasis audio dan diterapkan yang menggunakan indra pendengaran Peran atau fungsi alat perekam pita magnetik dalam media belajar adalah dapat dipergunakan untuk merekam suara atau data Sehingga dalam penyampaian pendidik dapat memutarnya kembali tetapi alat ini sudah jarang ditemukan karena sudah tergantikan oleh teknologi teknologi yang lebih canggih dan baru
Kelebihan
- Biaya yang dikeluarkan hanya sedikit atau harganya murah
- Media mudah dibawa dan dipindahkan sehingga mudah Dalam penggunaannya
- Materi dapat diputar kembali
- Dapat merangsang keaktifan pendengaran peserta didik dan juga dapat membangkitkan daya imajinasi seperti menulis menggambar dan sebagainya
Kekurangan
- Media ini bersifat abstrak karena hanya berupa suara saja sehingga pada hal tertentu juga memerlukan bantuan visual
- Media audio ini bersifat abstrak pemahaman pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui kata-kata atau bahasa serta Susunan kalimat
- Media ini tidak dapat diterapkan oleh peserta didik yang berkebutuhan khusus lebih tepatnya bagi mereka yang tidak bisa mendengar atau tunarungu
c. Media audio visual
Media audio visual adalah jenis media pembelajaran atau sumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran yang dibuat secara menarik dan kreatif dengan menggunakan indra pendengaran dan penglihatan media ini berupa suara dan gambar.
Macam-macam media audio visual
- Audio visual murni yaitu baik Unsur suara maupun unsur gambar berasal dari satu sumber seperti televisi video kaset film bersuara
- Audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambarnya berasal dari sumber yang berbeda seperti film bingkai suara
Kelebihan
- Pemakaian tidak terikat waktu
- sangat praktis dan menarik
- harganya relatif tidak mahal karena bisa digunakan berkali-kali
- menghemat waktu dan video atau film dapat diputar kembali
Kekurangan
- Jika memutarkan film terlalu cepat siswa tidak dapat mengikuti
- untuk media film bingkai suara harus melakukan ruangan yang gelap
- untuk media televisi tidak bisa dibawa kemana-mana karena cincin di tempat tertentu
- membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus dalam menyajikan atau membuat media belajar audio visual berupa suara dan gambar gambar-gambar bergerak maupun diam oleh karena itu pembuatan media ini cenderung lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan video visual dan media audio.
C. Pemilihan penggunaan dan perawatan media pembelajaran sederhana
Pemilihan media pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh guru untuk menentukan jenis media mana yang lebih tepat digunakan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran sifat materi yang akan disampaikan strategi yang digunakan Serta evaluasinya adanya pemilihan media ini disebabkan sangat banyak dan bervariasi jenis media dengan karakteristik yang berbeda-beda.
Dalam menggunakan media pengajaran hendaknya guru memperhatikan sejumlah prinsip-prinsip tertentu agar penggunaan media dapat mencapai hasil yang baik.
1 menentukan jenis media dengan tepat artinya sebaiknya guru memilih terlebih dahulu media manakah yang sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran yang diajarkan 2 menetapkan atau mempertimbangkan subjek dengan tepat artinya perlu diperhitungkan apakah pengguna media itu sesuai dengan tingkat kematangan atau kemampuan anak didik
3 menyajikan media dengan tepat artinya teknik dan metode media dalam mengajar harus disesuaikan dengan tujuan bahan metode dan sasaran yang ada
4 menempatkan atau memperlihatkan media pada waktu tempat dan situasi yang tepat artinya kapan dan di dalam situasi mana pada waktu mengajar media digunakan tentu tidak setiap saat atau selama proses belajar mengajar terus-menerus memperlihatkan atau menjelaskan sesuatu dengan media pembelajaran
Penggunaan Media Pembelajaran
1.penggunaan media grafis
a.cara menggunakan grafik: Dalam proses pembelajaran sering disajikan data yang sifatnya kuantitatif Hal ini dapat digambarkan dengan tepat melalui grafik misalnya para siswa akan mempelajari hasil produksi padi dari suatu negara atau keadaan penduduknya dan luas wilayahnya maka akan lebih mudah apabila dibantu dengan menggunakan grafik.
b. Cara menggunakan bagan dan diagram
Agar bagan atau diagram yang akan dibuat dapat dipergunakan secara efektif ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu 1 Buatlah perencanaan terlebih dahulu berupa sketsa atau garis besar tentang isi bahan ajar yang dituangkan ke dalam bagan atau diagram
2 usahakan bagan sederhana tetapi tetap pada sasarannya
3 untuk kelas yang cukup besar Buatlah bagan atau diagram yang cukup besar pula supaya dapat dilihat dan terbaca oleh semua siswa
4 buatlah bagan atau diagram itu semenarik mungkin soalnya dengan menggunakan warna yang kontras Untuk menimbulkan kesan penonjolan atau penekanan pada huruf maupun gambar-gambarnya
5 warna yang digunakan jangan berlebihan tapi warna-warna tersebut perlu disesuaikan supaya harmonis dan menarik perhatian siswa
Cara pemeliharaan media pbelajaran
Agar meja belajar yang telah dibuat dapat terpelihara dengan baik dan dapat digunakan berkali-kali dalam waktu yang relatif lama maka perlu diupayakan pemeliharaan atau perawatan nya berikut ini diuraikan berapa cara praktis dalam menara dan merawat media pembelajaran sederhana yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu banyak:
1 media grafis seperti bagan diagram grafik poster dan kartun yang dibuat dengan ukuran cukup besar bisa diberi bingkai pada bagian atas dan bawahnya cara menyimpannya tidak digulung atau dilipat supaya media tersebut tidak cepat rusak atau robek janganlah media tersebut digantung di ruang kelas dengan tahun dan hanya berfungsi sebagai hiasan kelas belaka hal tersebut hanya akan mengganggu konsentrasi siswa yang sedang belajar
2 Menyediakan tempat atau ruang secara khusus untuk penyimpanan berbagai jenis media pembelajaran
D. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
Sumber belajar adalah semua sumber yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar sumber-sumber tersebut dapat berupa pesan atau informasi orang bahan bahan alat atau perlengkapan teknik atau metode dan lingkungan
1.lingkungan
Lingkungan sebagai sumber belajar memiliki nilai-nilai yang sangat berharga yang dapat dioptimalkan Dalam proses pembelajaran lingkungan dapat memperkaya bahan dan kegiatan belajar siswa
2. Jenis lingkungan
a. Lingkungan sosia
Lingkungan sosial ini berkenaan dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat misalnya dalam hal-hal mempelajari organisasi-organisasi sosial yang ada di masyarakat sekitar sekolah, mengenal adat istiadat kebiasaan dan mata pencaharian penduduk sekitar, mempelajari kebudayaan termasuk kesenian yang ada di lingkungan sekolah atau daerah, mengenal kehidupan beragama dan sistem nilai yang dianut penduduk sekitar.
b. Lingkungan alam
Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang sifatnya alamiah seperti sumber daya alam hewan Sungai iklim suhu dan udara.
Dengan belajar lingkungan alam diharapkan siswa dapat memahami bahan ajar lebih dari itu dapat menumbuhkan kesadaran cinta alam mungkin juga turut berpartisipasi untuk menanggulangi hal tersebut misalnya dengan menjaga dan memelihara lingkungan
c. Prosedur belajar untuk pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat ditempuh melalui kegiatan dengan membawa siswa ke lingkungan seperti survei karyawisata berkemah di alam terbuka praktek lapangan dan pelayanan kepada masyarakat atau dengan membawa lingkungan ke dalam kelas sekolah seperti pemanfaatan narasumber yang ada di masyarakat untuk berbicara di sekolah
d. Agar penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar berhasil dengan baik perlu dilakukan perencanaan pelaksanaan tindak lanjut dalam langkah-langkah tersebut guru dan siswa terlibat aktif sehingga kegiatan pemanfaatan lingkungan tersebut menjadi tanggung jawab bersama
Daftar Pustaka
Anitah,Sri.2007.Strategi Pembelajaran diSD. Jakarta:Universitas Terbuka
Sanjaya, wina (2013) strategi pembelajaran, beririontsi standar proses pendidikan.Jakarta:kencana prenadamedia
Sadiman, Arief .2000.Media pendidikan, pengertian perkembangan dan pemanfaatan. Jakarta:Rajawali Press.